November 21, 2020

interlude: an outro

jadi tadi w nonton video di youtube nct daily yg judulnya nct 2020 enquete 20 resonance pt.2. lucu juga enquete ni bahasa prancis kayaknya dan kalo dibaca terdengar kayak baca enciti yg ga sih wkwkwk. mirip2 lah ya. bahasa indo nya angket cuy. terus pas bagian pertanyaan  "who is interesting people in nct?" si jungwoo jawab doyoung. dengan alasan "i really can't think what kind of person he is, there are many side of him." gue jadi pengen nulis.

---// pernah ga sih ketemu orang yang kesan pertama kita terhadap dia sama sekali ga menggambarkan seperti apa dia sebenarnya. setelah terbiasa bertemu atau berada di lingkungan yang sama terus2an, baru keliatan all the side yg dia punya. kayak kalimat jungwoo di atas. kita tu manusia punya banyak sisi. jadi kalo ngeliat salah satu sisi orang jangan langsung nyimpulin dia selalu seperti itu.  

kalo ngeliat sisi ga baiknya orang, kita atau w sih terutama suka langsung judging. nah kalo dah terbiasa bertemu atau berada di lingkungan yang sama terus2an bakal tau reason why they do that. jadi bisa memahami dan pada akhirnya, jadi bisa memaklumi. pandangan tentang sisi ga baik dia tadi jadi netral. apalagi kalo waktu membuat kita lebih lama bersinggungan pada rentang waktu yang sama, frekuensi sisi ga baik tadi akan sangat kecil kalo dibandingin sama sisi baiknya.

orang tu aslinya baek2 bener dah. kalo ngaca ke diri sendiri, kebanting w mah:(( gue banyak belajar dari mereka, tanpa mereka ngajarin. kayak they do what they do, dan w jadi mikir ohiya ya ternyata gini lo cara ngadepin ini, ternyata gini lo cara nyelesain ini. pada hal2 baik yg banyak bgt di mereka, ini sih hal2 yg w highlight:

1. selalu ngusahain sholat tepat waktu, bisa stay calm dengan apa pun pada badai yang tiba2 datang, untuk tidak ikut meledak saat bom terjatuh
2. ga pernah ngaret. apa yang harus diselesain, selalu selesai. orang paling niat sama kerja keras yg pernah w temuin
3. sabar bgt orang, dia tau apa yg harus dia lakukan
4. selalu bilang apa adanya, bener ya bener, salah ya salah. dan selalu bisa ngejelesin dengan detail kenapa ini harus ini

ngeliat mereka tu, gue jadi kayak bisa ngoreksi diri sendiri. hal2 yg begitu adanya di mereka terutama poin2 barusan, di gue malah pada mines wkwkw-- pelan2 w belajar dari mereka, i've look up to them. pada akhirnya kita sebagai manusia selalu ingin menuju ke arah yg lebih baik, yekan.

kalo ini buku, gue kayaknya ga bakal baca untuk kedua kalinya, soalnya dah leket bgt di hati. sangat berkesan. fav book sekali. sedih2nya nyampe, ketawa2nya dapat. dan gue di halaman akhir2 tentu saja bukan gue yg sama di hal pertama. this book changed me (in a good ways tentu saja ye). w mau bilang maap dan terima kasih banyak2. u guys really make me bertumbuh. really grateful for everything that already happened. for all the things we go through. u guys really help me like a lot. kayak di lagunya exo yg judulnya promise, gomawo mianhae saranghaeeee<33

ohya, bab paling w suka juga, ketika lagi diskusi. tentang apa aja bisa jadi diskusi. dari yg serius2 sampe yg receh2. dan selalu ada aja yg bisa diambil dari diskusi yg terjadi. entah itu berakhir dengan hening yg artinya problem solved dimana "kita jadi mikir" atau tawa membahana yg juga artinya problem solved. //---

kayak selalu seperti ini, banyak sisi yg kata jungwoo tadi, baru bener2 kerasa ada, pas udah mau dekat dengan ending. ga tau orang lain, perpisahan tu selalu sedih aja buat gue. kayak sok cool gitu, tapi balik rumah nangis. dan bagaimana pun dimana pun kapan pun perpisahan tu akan selalu ada. tapi tetap sih masih ga pernah bisa terbiasa. agak berat balik halamannya. jadi yaudah, kek biasa biarin waktu ngebaliknya. 

November 17, 2020

questioning my self

kalo w bisa muter waktu, gue akan blablabla" adalah sebuah kalimat yg kadang sering w ucap. dan tiap orang yang denger ini biasanya bakal jawab "gue juga". dont really need the validation from it, that just things my inner self want to say to myself. sebuah pemberontakan pada diri sendiri. i get used to it, ya udah sih, pada kenyataannya waktu memang ga bisa di puter kan. hear someone said the same thing, ngebuat w berasa jadi manusia normal aja wkwkw. sampe suatu hari found an outlier. ketemu orang yg bilang "gue sih ngga ya, pun waktu bisa ngulang lagi, i will do the same thing, i am grateful for being what i become now, i never regret with whatever things i already choose". there is a long silence after that. sebuah kebalikan yg sgt kontras ya key.

ada 2 hal yang terlintas dipikiran w. 

1.  have u ever suffer from some hardship? have u ever choose the wrong direction? have u ever hate urself for not being good enough? have u ever stuck in a maze that u let urself in? does fortune follow u like a domino's effect all the time?

2. u do through all those things in upper question, but u keep it for urself only

dan pikiran w akhirnya mendebatkan 2 hal tersebut. dan membingungkan w sekali lagi. 

kalo gue bisa muter waktu gue mau balik ke sma. harusnya lu belajar bener2. bener2. pertanyaan w satu sih why dont u tried hard enough. why u give up at that time. sama satu lagi. kalo w liat kebelakangan, keputusan w tu berasa salah terus. kayak pada keputusan apapun yg w ambil, selalu ada rasa sesal yg mengikuti. dan gue tacklenya dengan selalu find the good side, from every bad things happen, even just a little. by doing these, ternyata ngebuat w  never appreciate or value the bad things for what it actually supposed to be. so i never learn from it. 

jadi keinget. pas ldo sma hari terakhir pada tukeran uname twitter. and peole questioning how weird it was bcs the "key" in my uname. soalny waktu tu orang buat uname pakek real name. i quetioning my self should i cut out the "key" for being part of me or not. changed it several time. turn out the "key" is the only word stand still today. so? keep questioning ur self key, u might find the answer soon wkwkw.

update:
god give me hints from gitasav vid yt, life is a matter of choice. so relateable sekali. 

kalo di zodiak kan w tu libra. w ga percaya2 bgt si sama zodiak, tapi seneng aja gitu kalo ada poin2 bagus wkwkw. nah libra ni identik sama nimbang, kek semua hal yg terjadi sudah/sedang/akan terjadi ditimbang makanya suka plinplan. this actually hal yg gue kesel jg sama diri w sendiri. soalnya hidup tu kan proses ya, jadi pasti akan ada aja yg terjadi. jadi proses nimbangnya ni ga akan pernah selesei2 kalo semua aspek kehidupan harus dimasukkin dalam komponen yg ditimbang. kayak di awal2 vid gita ini, mostly in the end i let people make the decision for me on be half of my self. dan reason yg di kemukakan nya juga masuk semua di gue. isi pikiran w sekali. i ever feel that way. terus di menit2 selanjutnya she speaks about the next step and how to comprehand what actually making decision r. so u know what to do right key? :))