November 21, 2020

interlude: an outro

jadi tadi w nonton video di youtube nct daily yg judulnya nct 2020 enquete 20 resonance pt.2. lucu juga enquete ni bahasa prancis kayaknya dan kalo dibaca terdengar kayak baca enciti yg ga sih wkwkwk. mirip2 lah ya. bahasa indo nya angket cuy. terus pas bagian pertanyaan  "who is interesting people in nct?" si jungwoo jawab doyoung. dengan alasan "i really can't think what kind of person he is, there are many side of him." gue jadi pengen nulis.

---// pernah ga sih ketemu orang yang kesan pertama kita terhadap dia sama sekali ga menggambarkan seperti apa dia sebenarnya. setelah terbiasa bertemu atau berada di lingkungan yang sama terus2an, baru keliatan all the side yg dia punya. kayak kalimat jungwoo di atas. kita tu manusia punya banyak sisi. jadi kalo ngeliat salah satu sisi orang jangan langsung nyimpulin dia selalu seperti itu.  

kalo ngeliat sisi ga baiknya orang, kita atau w sih terutama suka langsung judging. nah kalo dah terbiasa bertemu atau berada di lingkungan yang sama terus2an bakal tau reason why they do that. jadi bisa memahami dan pada akhirnya, jadi bisa memaklumi. pandangan tentang sisi ga baik dia tadi jadi netral. apalagi kalo waktu membuat kita lebih lama bersinggungan pada rentang waktu yang sama, frekuensi sisi ga baik tadi akan sangat kecil kalo dibandingin sama sisi baiknya.

orang tu aslinya baek2 bener dah. kalo ngaca ke diri sendiri, kebanting w mah:(( gue banyak belajar dari mereka, tanpa mereka ngajarin. kayak they do what they do, dan w jadi mikir ohiya ya ternyata gini lo cara ngadepin ini, ternyata gini lo cara nyelesain ini. pada hal2 baik yg banyak bgt di mereka, ini sih hal2 yg w highlight:

1. selalu ngusahain sholat tepat waktu, bisa stay calm dengan apa pun pada badai yang tiba2 datang, untuk tidak ikut meledak saat bom terjatuh
2. ga pernah ngaret. apa yang harus diselesain, selalu selesai. orang paling niat sama kerja keras yg pernah w temuin
3. sabar bgt orang, dia tau apa yg harus dia lakukan
4. selalu bilang apa adanya, bener ya bener, salah ya salah. dan selalu bisa ngejelesin dengan detail kenapa ini harus ini

ngeliat mereka tu, gue jadi kayak bisa ngoreksi diri sendiri. hal2 yg begitu adanya di mereka terutama poin2 barusan, di gue malah pada mines wkwkw-- pelan2 w belajar dari mereka, i've look up to them. pada akhirnya kita sebagai manusia selalu ingin menuju ke arah yg lebih baik, yekan.

kalo ini buku, gue kayaknya ga bakal baca untuk kedua kalinya, soalnya dah leket bgt di hati. sangat berkesan. fav book sekali. sedih2nya nyampe, ketawa2nya dapat. dan gue di halaman akhir2 tentu saja bukan gue yg sama di hal pertama. this book changed me (in a good ways tentu saja ye). w mau bilang maap dan terima kasih banyak2. u guys really make me bertumbuh. really grateful for everything that already happened. for all the things we go through. u guys really help me like a lot. kayak di lagunya exo yg judulnya promise, gomawo mianhae saranghaeeee<33

ohya, bab paling w suka juga, ketika lagi diskusi. tentang apa aja bisa jadi diskusi. dari yg serius2 sampe yg receh2. dan selalu ada aja yg bisa diambil dari diskusi yg terjadi. entah itu berakhir dengan hening yg artinya problem solved dimana "kita jadi mikir" atau tawa membahana yg juga artinya problem solved. //---

kayak selalu seperti ini, banyak sisi yg kata jungwoo tadi, baru bener2 kerasa ada, pas udah mau dekat dengan ending. ga tau orang lain, perpisahan tu selalu sedih aja buat gue. kayak sok cool gitu, tapi balik rumah nangis. dan bagaimana pun dimana pun kapan pun perpisahan tu akan selalu ada. tapi tetap sih masih ga pernah bisa terbiasa. agak berat balik halamannya. jadi yaudah, kek biasa biarin waktu ngebaliknya. 

November 17, 2020

questioning my self

kalo w bisa muter waktu, gue akan blablabla" adalah sebuah kalimat yg kadang sering w ucap. dan tiap orang yang denger ini biasanya bakal jawab "gue juga". dont really need the validation from it, that just things my inner self want to say to myself. sebuah pemberontakan pada diri sendiri. i get used to it, ya udah sih, pada kenyataannya waktu memang ga bisa di puter kan. hear someone said the same thing, ngebuat w berasa jadi manusia normal aja wkwkw. sampe suatu hari found an outlier. ketemu orang yg bilang "gue sih ngga ya, pun waktu bisa ngulang lagi, i will do the same thing, i am grateful for being what i become now, i never regret with whatever things i already choose". there is a long silence after that. sebuah kebalikan yg sgt kontras ya key.

ada 2 hal yang terlintas dipikiran w. 

1.  have u ever suffer from some hardship? have u ever choose the wrong direction? have u ever hate urself for not being good enough? have u ever stuck in a maze that u let urself in? does fortune follow u like a domino's effect all the time?

2. u do through all those things in upper question, but u keep it for urself only

dan pikiran w akhirnya mendebatkan 2 hal tersebut. dan membingungkan w sekali lagi. 

kalo gue bisa muter waktu gue mau balik ke sma. harusnya lu belajar bener2. bener2. pertanyaan w satu sih why dont u tried hard enough. why u give up at that time. sama satu lagi. kalo w liat kebelakangan, keputusan w tu berasa salah terus. kayak pada keputusan apapun yg w ambil, selalu ada rasa sesal yg mengikuti. dan gue tacklenya dengan selalu find the good side, from every bad things happen, even just a little. by doing these, ternyata ngebuat w  never appreciate or value the bad things for what it actually supposed to be. so i never learn from it. 

jadi keinget. pas ldo sma hari terakhir pada tukeran uname twitter. and peole questioning how weird it was bcs the "key" in my uname. soalny waktu tu orang buat uname pakek real name. i quetioning my self should i cut out the "key" for being part of me or not. changed it several time. turn out the "key" is the only word stand still today. so? keep questioning ur self key, u might find the answer soon wkwkw.

update:
god give me hints from gitasav vid yt, life is a matter of choice. so relateable sekali. 

kalo di zodiak kan w tu libra. w ga percaya2 bgt si sama zodiak, tapi seneng aja gitu kalo ada poin2 bagus wkwkw. nah libra ni identik sama nimbang, kek semua hal yg terjadi sudah/sedang/akan terjadi ditimbang makanya suka plinplan. this actually hal yg gue kesel jg sama diri w sendiri. soalnya hidup tu kan proses ya, jadi pasti akan ada aja yg terjadi. jadi proses nimbangnya ni ga akan pernah selesei2 kalo semua aspek kehidupan harus dimasukkin dalam komponen yg ditimbang. kayak di awal2 vid gita ini, mostly in the end i let people make the decision for me on be half of my self. dan reason yg di kemukakan nya juga masuk semua di gue. isi pikiran w sekali. i ever feel that way. terus di menit2 selanjutnya she speaks about the next step and how to comprehand what actually making decision r. so u know what to do right key? :))

October 29, 2020

batu

kalo ditarik garis ke belakang, kayaknya gue termasuk orang yg sangat amat bodo amat sama orang lain. let people do whatever they want. let people says whatever they want. but, as i grow up, ada beberapa kondisi dan situasi dimana bodo amat tadi terbentur. what they did, somehow really affect me. secuil yang nyelekit. people have the good and the bad side on them. and i believe there's a balance on it. probably we can't do anything about it bcs that is god's given. karena frekuensi variasi kita berinterkasi sama orang tu beda-beda, akan ada sisi dominan yang terus-terusan kita lihat. bahagia damai sentosa alhamdulilah kalo misal kita seringnya hadap-hadapan sama sisi baiknya. nah yang jadi ribet ketika kebetulan dunia lagi pengen kasih kita kesempatan buat kita ketemu sama sisi buruknya. dimana u akan kesel jengkel dan mau marah. as time goes bye, jadi terbiasa to hold my self. jadi pada saat kesal itu muncul bisa otomatis cosplay jadi batu. gue kesel ya tetep kesel, tapi yaudah sih gue lagi jadi batu, gue ga akan respon apa2. dan ternyata itu tu namanya toleransi wkwkwk. jadi, seberapa besar u can tolerate people w/ their ngeselin side? untuk tidak ikut meledak, saat bom terlempar dan kebetulan jatuh sebagian ditangan lo. 

August 28, 2020

drama korea - soul mechanic / fix you

sempet nonton drakor judulnya soul mechanic / fix you, ceritanya tentang psikeater dengan pasien2nya. drama ini plot nya tu berjalan kayak drama-drama profesi lainnya, kayak good doctor tentang dokter, you're all surrounded tentang polisi, diary of prosecutor tentang jaksa. kayak daily life nya profesi mereka, jadi tiap episode terfokus ke kasus satu pasien/tersangka/terdakwa, jadi tiap episode ada terus kasus barunya dan diselesain di satu episode itu juga. Dan tentu saja ada kasus utama nya yang dari awal ada dan penyelesaiannya bakal ada di episode terakhir2. masalah si karakter utama ni biasanya ada di masa lalu, kayak kenapa dia jadi profesi itu. kayak ada yang tersembunyi/disembunyikan yang dia selama ini ignore it, tapi by the time going, mau ga mau that something in the past, the things that they're trying so hard to ignore it, need to be solved. nah biasanya kasus2 baru yg ada di tiap episode itu yang juga membantu si karakter untuk berkembang/merubah cara pandang mereka. kayak some baby step to develop their character and solved their main problem.

soul mechanic ini si psikeater nya ada ptsd (post traumatic stress disorder) akibat kejadian dia sama pasien dia dimasa lalu, kemudian saat ini dia dihadapkan lagi sama pasien baru yg punya karakter juga mental disoder bpd (borderline personality diorder) yg sama kayak pasien dia di masa lalu tadi. jadi ptsd nya tu makin ke trigger gitu. nah karena ini tentang mental disorder, jadi new case di tiap episodenya ya tentang macem2 mental disorder tadi. mayan seru juga dan juga nambah pengetahuan tentang mental disorder. cuman kadang tu malah ngerasa related sama beberapa gejala di tipe2 mental disorder tadi wkwkw tapi mental health tu ga boleh self-diagnosed cuy, jadi worth it lah nambah2 pengetahuan.

w sih sebenernya belum nonton sampe abis, entah kenapa drakor2 yg w tonton taun ini, that i actually enjoy watch it, tapi ga bisa aja nonton sampe abis hhhehe. tapi w kadang tau aja endingnya gimana, soalnya di twitter ada spoilernya wkwkw.

dan ada beberapa kalimat yang nyangkut di pikiran w. 

mental disorder itu sifatnya sementara. karena ada suatu hal/kondisi yang mentriggernya. dan untuk nyembuhin mental disorder itu si pasien ini harus tau dan juga mau mengakui serta bisa menerima kalo dirinya sedang ada mental disorder itu. baru psikolog dan psikeater bisa membantu dari luar. dan proses menerima nya itu yg kadang sulit. karena takut dikira gila dsb seperti streotype2 ttg mental disorder yg ada saat ini. dan juga orang tu kadang gatau kalo dia tu sebenernya sedang sakit mentalnya (karena minim insight soal hal ini). dan disini juga diceritain kalo masing2 psikeater tu ada trauma/ mental disorder nya masing2 juga. jadi kayak setiap manusia tu berpotensi untuk mengalami yang namanya mental disorder. jadi at the time u feel about it, u can start to seeking help. don't lock yourself, cause it can happen to every human being.

ok sekian wkwkw. w nontonnya mei apa juni ni drama, tapi tulisan diatas baru bisa w tumpah sekarang wkwkwk, butuh waktu emang kadang tu. 

btw, w sempet ngerasa salah aja ketika nyampurin bahasa indo dan bahasa inggris dalam satu kalimat. tapi, ketika w nonton di youtube atau apapun vlive atau tweetnya nct, apalagi wayv mereka tu ngomong campur2 juga wkwkw. dan its okay as long as apa yg mau dia sampaikan tu nyampe ke yg nerima nya. dan juga orang yg nerima tadi tu bisa memahami juga kalo si penyampai tadi juga sedang belajar. kayak kata winwin tu "w bisa lima bahasa, tapi struggle at all of them wkwkw". dan btw level bahasa inggris w tu sama kayak winwin di awal debut. dan winwin sekarang dah improve so much, the way he pronounce the word and connect it for making a sentance. jadi termotivasi w. nct really influance me to improve my english more, thenkyu. see u in the next phase of me:)))

August 21, 2020

whistlist

what make key happy, if she could do it?

jadi sutradara, megang kamera dan bikin film yang bagus gambar juga plotnya, dan bisa dilihat banyak orang.

jadi guru tk. karena anak tk cenderung jujur jadi gue ga perlu menebak-nebak.

jalan2 pakek campervan, di eropa. wkwkw mimpi yg kejaohan. tapi kek seru aja gitulah pokoknya. 

keliling indonesia. terus, karena barusan nonton youtube fiersa besari, jadi pengen naek gunung. kalo dipikir sekarang naek gunung adalah sebuah kemustahilan untuk seorang key. terlalu banyak yang ditakutin. tapi kalo keinginian, ada mah.

keluar dari palemabang. ini kayak zona nyaman kalo kata orang tu. jauh amat tapi dah, keluar rumah aja dulu ngapa wkwkwkw. tapi tetep ye #socialdistancing

inget tuhan selalu. trust him. kamu tau sendiri pada ketakutan2 mu. tapi kamu juga harus percaya tuhan juga tau, dan juga percaya ketakutanmu tidak lebih besar dari nya.

June 08, 2020

mimpi jadi kapal tanker

awalnya kayak diatas kapal gitu cuy, terus agak rungsing riweh dan orang pada panik gara-gara ombaknya tinggi serta ga terkendali. Kemudian macem di shoot pakek drone, yang makin naik keatas, scene nya terlihat lebih luas, turn out, ternyata w yang jadi kapalnya woy. Kapal tanker??? W tu kayak ngambang dan terombang ambing diantara ombak. Terus cipratan ombak tu kayak kena2 muka w. Dan kayak sesek napas gitu, kek mau tenggelem gara2 tu ombak. Tapi w ga bisa gerak, karena w kapal?? Kemudian situasi makin panik pas didepan ada jembatan. Macem jembatan ampera gitu. Dengan ombak tinggi ga jelas tadi, takut banget ni kapal, nubruk tu jembatan. W tetep masih ga bisa gerak dan kek udah pasrah aja gimana ni ombak mau ngalir kek mana. Tapi alhamdulilah cuy, pas lewat bawah jembatan itu ombaknya jadi tenang. Ga jelas bener btw, ini dilaut tapi tiba2 ada jembatan. kemudian tetep ngalir aja ngikutin arus sampe ke kayak hutan2 gitu. Masuk sungai apa ni ya. Airnya bening bener. Ngalir gitu aja. Kemudian bermuara ke kayak curup gitu (bawah air terjun). Dan w sebagai kapal tadi tetep ngalir ngikutin arus masuk ke balik air terjun tadi. Sakit semua tu muka w kena air terjun. Kek nutup2 mata, karena cuma itu yang bisa gerak. Ternyata masuk ke goa. Kemudian gelap. Dan w bangun.

April 12, 2020

happy old year

ini film alur lambat tapi entah kenapa enak aja nontonya. kayak air, ngalir gitu aja. pas niat mau nontonnya juga ga punya ekspektasi apa-apa dan ga juga nyari2 spoiler. kayak film yang bisa ditonton ketika pengen menangkan pikiran gitu. tertarik nonton karena topiknya soal minamalism. karena lagi quarantine days berhari-hari mungkin habis nonton film ini ni orang akan tergerak mulai beberes rumah wkwkwkw. karena ga produktif bgt beberapa hari belakangan . 

balik lagi, ternyata film ini berkaitan sama move on juga. move on sama orang ataupun hal2 yang mau dilupakan tapi karena banyaknya hal lain, hal2 tsb seolah2 kayak sudah dilupakan, padahal cuman ditumpuk ditempat yang kita pura2 ga liat. ya makin lama, penuh juga cuy. we're running out a space. jadi intinya ya se bodo amat pura2 gatau, kenyataannya tetep belum juga move on. dan digambarkan dengan rumah nya yang berantakan dengan penuh barang2 beserta semua kenangan nya pada orang2 di awal film. 

film ini dibagi sub judul gitu, yang kayak tema tentang how to let go about things dan juga semua kenangan tentangnya. terus yang lucu tu backsound nada alat musik di scene2nya kayak pas lagi panik makek nada mayor, terus pas genting bimbang mau ngambil keputusan ada nada minor terdengar wkwkwk.

banyaklah pesan2 yang nyampe dan ngena. kayak move on itu bisa berhasil bukan hanya karena kemauan kita, tapi tentang menyelesaikan apa yang belum selesai di masa lalu dan juga dampak masa lalu tersebut pada orang-orang yang ada disekitar kita saat ini. "to dump things, u need to say a proper goodbye". 

terus nih judulnya happy old year kan, kalo timeline di film, dari bulan november gitu,terus dia harus udah bisa ngerubah rumah dia yang berantakan tadi jadi minimalism pas awal tahun. jadi kayak nyambung aja, ganti tahun ganti suasana. terus kayak kalo ganti taun orang sukak bilang, happy new year, nah ini kayak kebalikannya happy old year. semacem kembali masa lalu sebentar, buat bisa lebih memaknai masa depan. cocok ditonton pas lagi, ga tau mau ngapain wkwkw.

April 07, 2020

nontonnya di 2019

1. Extreme job, ngakak wkwkwkwk. receh. mesti nonton nihhh
2. Aladdin, scene fav pas naomi nyanyi speechless. gelegar bgt tuh.
3. The Odd Family: Zombie On Sale, lucu wkwkwk. jung garam suka makan kembang kol wkwkw
4. Spiderman: Far From Home, lucu jugaaa wkwkw. btw, ini film marvel pertama yg gue tonton
5. Parasite, hypenya gila sih. plot twist diakhir tu kayak rollercoaster yg melaju turun dengan cepat dari ketinggian. tapi pesan2 yang mau di sampein boleh lah ya membuka mata bagi orang atau kita-kita yang ga sengaja atau sengaja menutup mata pada kenyataan yang ada
6. Intimate Strangers, "everyone lives three lives: a public life, a private life and a secret life." plot twist beruntun diakhir menuju plot twist paling akhir, intinya ya gitulah cuy realitanya.
7. Gundala, mayan bagus sih. tapi mungkin karena ini film pembuka jadi kayak puzzle gitu cuy, ada hal2 yang masih bikin bertanya2. bakal nonton film selanjutnya, untuk rampungkan puzzlenya :))
8. Exit, wkwkwk ini lucu juga. ini sih yoona dan jo jongsuk kayak jadi diri mereka sendiri wkwkw
9. Joker, kita semua kadang ada sisi joker didalam diri,tapi terus2 kita abaikan tetep stay cool aja, biar ga ribet:)
10. Kim Ji Yong, Born 1982, sedihh cuyyy. ada scene2 yg relatee. vibesnya kayak drama go back couple:')
11. Jumanji: The Next Level, ngaakakk wkwkw. ini nontonya pas lagi masa2 stress banyak pikiran. terus pas nonton ini seperti langsung kayak, oh ternyata gue butuh tertawa to relieve all thiw streeses wwkwk. 
12. The Swindlers, penipu yang menipu penipu. karna udah mayan banyak scene kayak gini di drakor, w sih dah bisa nebak. tapi seru aja ngikutinnya wkwkw
13. Snowpiercer, jujur sih masih bingung sama endingnya wkwkw. tapi entah kenapa pelajaran2 gue dipertanian, kayak nyambung sama ni film wkwkw. tapi ga masuk akal tu kereta, kalo di shoot jauh kayak banyak bgt gerbongnya, tapi kalo di shoot deket gerbongnya bisa diitung pakek jari.
14.Snoweden, setalah nonton, langsung nyelotipin kamera leptop.
15. Inception, orang habis nonton ini, ngedebatin endingnya. gue malah baru sadar, gue ga merhatiin sama sekali fungsi totem sepanjang film wkwkwk. emang ga nyampe otak w.
16. Socialphobia, orang yang sukak ngomong sekendak jidat di sosmed, mesti bgt nonton film ini dah.
17. You Are The Apple Of My Eyes, kayak a little thing called love. tapi ini versi nyeseknya:)))
18. Great Budapest Hotel, ini film ter??!@#?? yg w tonton. tapi tetep bisa ditonton sampe abis. ngapa dah.

1. Mirai No Mirai, bagus. jadi nostalgia pas masa kecil. konsep rumahnya baguss gengs. gue sampe download the sims, buat ngerealisasiin buat rumahnya tapi ga bisa juga soalnya sims cuman bisa 3 tingkat wwkwk
2. Wolf Of Children, sedih, bagus, dan entah kenapa kesel sama wolfnya. btw ibuknya strong sekaleee, hatinya sekuat baja cuyyy:'))
3. Garden Of Word, cerintanya singkat. tapi bagus. scene paling epic pas hujan, ditangga terus soundtracknya menggelegar langsung tepuk tangan sambil banjir air mata haru:')))
4. I Want To Eat Your Pancreas, kadang kita sudah tau pada suatu hal, eh malah hal tak terduga mengubah segalanya. penyesalan kadang ada diakhir, bukan lah hanya suatu kalimat. sad:'(
5. Grave Of The Fireflies, ini kayaknya film yang cukup ditonton sekali aja. ga sanggup kalo mau di rewatch. nyeseknya tu nusuk ke dalam hati dan sanubari:')))))))